KAI Kembali Operasikan KA Wijayakusuma Rute Banyuwangi-Cilacap pada 7 Agustus 2020

kereta kelas jetset
Ilustrasi/foto via JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Mahendro Trang Bawono mengatakan, KA Wijayakusuma rute Ketapang Banyuwangi-Cilacap akan kembali beroperasi pada Agustus 2020.


Namun untuk sementara, kata Mahendro, KA hanya melayani penumpang pada saat akhir pekan, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu.

“Pengoperasian KA Wijayakusuma itu melengkapi tiga kereta yang sudah dioperasikan sebelumnya sejak pertengahan bulan Juni 2020. Sehingga total ada empat kereta yang akan beroperasi di wilayah kami pada Agustus ini,” katanya dikutip dari Antara.

Meski sementara KA Wijayakusuma dioperasikan saat akhir pekan saja, namun tidak menutup kemungkinan akan dioperasikan setiap hari. Sebab, pihaknya masih melihat respos serta animo masyarakat dan evaluasi di lapangan.


Disampaikan, KA Wijayakusuma rute Ketapang-Cilacap mulai beroperasi kembali pada 7 Agustus 2020 dengan jadwal berangkat pukul 11.15 WIB dari stasiun keberangkatan. KA Wijayakusuma dijadwalkan tiba di Cilacap pada pukul 03.57 WIB.

Mahendro pun menjelaskan, pengoperasian perjalanan KA itupun tetap mengacu pada protokol kesehatan dan persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan selama pandemi Covid-19.

Khusus untuk perjalanan KA jarak jauh, penumpang diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Sedangkan khusus untuk penumpang bayi diwajibkan membawa face shield sendiri.

Ia juga menyampaikan, calon penumpang juga diharuskan melengkapi persyaratan dan harus ditunjukkan kepada petugas pada saat melakukan boarding. Sehingga berkas yang harus disiapkan oleh pelanggan yakni menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif.

“Atau surat keterangan uji tes cepat dengan hasil non reaktif, atau menunjukkan surat keterangan sehat,” katanya.

Adapun pemesanan tiket dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

(jpc/pojoksatu)