Pemerintah Godok Konsep Pembangunan Pertanian ‘Food Estate’

Presiden Jokowi. Foto Setneg
Presiden Jokowi. Foto Setneg

POJOKSATU.id, JAKARTA – Saat ini, pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin tengah menggodok satu konsep pembangunan pertanian yang disebut dengan ‘food estate’.


Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran membenarkan hal ini. Dikatakan, berbagai manfaat akan didapatkan daerah dan masyarakat dari program ‘food estate’ ini.

“Selain manfaat dalam hal pangan maupun ekonomi, juga pada potensi pengembangan infrastruktur di Kalteng ke depannya,” katanya dilansir dari Antara.

Adapun infrastruktur tersebut meliputi pembangunan atau rehabilitasi pendukung irigasi teknis saluran primer, sekunder dan tersier. Kemudian pembuatan tanggul dan pintu air, hingga pembangunan jalan yang lebih optimal.


Selain itu juga ada perluasan jaringan listrik dan telekomunikasi, serta pengembangan bandara seperti ‘runway’ pada Bandara Tjilik Riwut. Akan didorong juga dukungan terhadap pengembangan infrastruktur pelabuhan, baik Pelabuhan Bahaur Pulang Pisau maupun Pelabuhan Batanjung Kapuas.

Dengan begitu, Sugianto Sabran meyakini pertumbuhan ekonomi di Kalteng akan terus meningkat dan membaik.

Namun begitu, ia menegaskan, dalam pelaksanaannya memerlukan sinergi semua pihak, mulai dari pemerintah serta masyarakat.

“Provinsi lain juga banyak yang menginginkan program ini. Kenapa Kalteng yang dituju, karena Presiden percaya dengan Kalteng. Jadi, ini kesempatan kita dan sudah seharusnya menyambutnya dengan penuh semangat menyukseskannya,” terangnya.

(jpc/pojoksatu)