Ada 11.172 Perusahaan yang Mengajukan Izin Operasi saat PSBB

Agus Gumiwang Kartasasmita

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sebanyak 11.172 perusahaan yang telah mengajukan izin operasi di tengah pandemi Covid-19.


Arahan ini dicantumkan dalam surat edaran Menteri Perindustrian Nomor 7 Tahun 2020 tentang pengajuan permohonan perizinan pelaksanaan kegiatan industri dalam masa kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menuturkan, dari angka 11.172 itu, perusahaannya berasal dari industri Agro sebanyak 2.788, industri logam, mesin, alat transportasi dan elektronika berjumlah 3518 perusahaan.

Selain itu, industri kimia, farmasi dan tekstil sebanyak 4383 perusahaan serta dari industri aneka tercatat 425.


“Ada 11.172 perusahaan yang mengajukan izin, kami sudah koordinasi dengan 3 Gubernur, dari Jakarta, Jawa Barat, dan Banten,” jelasnya.

Disebutkan, para gubernur itu pun setuju kalau operasional industri harus tetap berjalan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Namun dengan syarat, harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan.

“Minggu lalu kami mengirimkan surat kepada gubernur, walikota dan bupati se-Indonesia untuk mengarahkan kepala daerah melakukan peringatan atau menyegel bagi industri yang belum menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Agus menegaskan, petugas akan melakukan pembinaan terlebih dahulu dan tidak menutup kemungkinan akan mencabut izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMK), jika ketahuan tidak mengikuti protokol kesehatan.

Sebelumnya, Agus meminta perusahaan memiliki surat izin operasional ketika beroperasi, termasuk saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tujuannya, untuk menjamin pelaksanaan operasional bagi industri yang memerlukan keberlanjutan dalam proses produksinya dan perlu diberikan dukungan kemudahan dan fasilitasi kelancaran mobilisasi usahanya sehingga kebutuhan hidup masyarakat dapat terpenuhi di tengah pandemi ini.

Browser anti blokir Kojop sudah bisa diunduh di Play Store, klik bit.ly/kojop

(jpc/pojoksatu)