Kevin Sanjaya dkk Mulai Berlatih Hari Ini

Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo atau The Minions. ft/pbsi
Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo atau The Minions. ft/pbsi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Selama pandemi Covid-19, hampir seluruh cabang olahraga menghentikan pelatnas. Namun, itu tidak berlaku buat pelatnas bulu tangkis di Cipayung, Jakarta Timur.


Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk dikabarkan mulai berlatih lagi hari ini (13/4). Itu adalah latihan tahap pertama yang rencananya dilakukan sampai akhir Mei.

Diketahui, PP PBSI memutuskan tetap menggeber latihan secara terpusat. Alasannya, kompleks Cipayung lebih aman buat para pemain.

Area sekitarnya sudah menjadi kawasan yang ketat dan tertutup. Tidak sembarang orang bisa masuk sehingga sudah seperti tempat karantina tersendiri.


PBSI juga akan memberlakukan ketentuan khusus untuk memutus persebaran Covid-19. Hal tersebut mengacu pada protokol kesehatan dari pemerintah. Physical distancing, misalnya, tetap diterapkan secara ketat.

Adapun faktor penunjang lain seperti pemberian vitamin dan suplemen tambahan juga bisa diperhatikan.

Hal-hal itu mungkin sulit dilakukan jika pemain berlatih di rumah masing-masing. Keselamatan mereka juga tidak bisa dijamin karena situasi lingkungan sekitar setiap pemain berbeda-beda.

“Kami sudah membuat protokol yang ketat terkait dengan keselamatan atlet,” kata Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto.

Kabidbinpres PBSI Susy Susanti menambahkan, pihaknya juga mengatur prosedur untuk menghindari adanya kontak fisik dan lapangan yang crowded. Nanti jadwal latihan tiap sektor dibuat beda-beda. Lapangan juga diatur berjauhan.

“Agar ada jarak dan menghindari terlalu banyak atlet di satu lapangan. Nanti, jika satu lapangan dipakai, satu lapangan kosong. Seperti itu dan seterusnya,” ucapnya.

Achmad Budiharto menuturkan, ada 90 pemain di pelatnas saat ini. Untuk tahap pertama, mereka menjalankan 40 persen dari program yang biasa diterapkan.

Terpenting, mereka bisa mengembalikan kondisi fisik dulu. Maklum, para pemain libur berlatih sejak pulang dari All England pertengahan Maret lalu.

Browser anti blokir Kojop sudah bisa diunduh di Play Store, klik bit.ly/kojop

(jpc/pojoksatu)