Baznas Dirikan Gerai Mikro Tanggap Covid-19

Gerai Mikro Tanggap Covid-19 didirikan Baznas. (dok. Baznas)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Baznas dirikan Gerai Mikro Tanggap Covid-19 untuk melindungi pedagang kecil.


Kepala Program Baznas Microfinance Noor Aziz menjelaskan, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 adalah wadah bagi pedagang mikro yang saat ini terdampak perekonomiannya akibat krisis Covid-19.

Dengan adanya gerai itu, para pedagang dapat menjual atau menawarkan dagangannya.

Program perlindungan dan pemberdayaan mustahik atau orang berhak dana zakat di tengah wabah Covid-19 ini dimulai dari Jakarta.


Salah satu gerai yang sudah beroperasi ada di kawasan Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Dalam gerai tersebut, barang yang dijual tidak hanya kebutuhan pokok saja. Tapi juga barang yang dapat meminimalisasi penularan Covid-19. Seperti masker, hand sanitizer, madu, jamu, dan jus aneka buah.

Selain melayani pembelian langsung, gerai mikro ini juga melayani pembelian secara online. Skemanya dengan memberdayakan beberapa mitra untuk mengantar ke wilayah sekitar Matraman. Selain itu dibantu driver ojek online untuk pengantaran di luar Matraman.

“Secara prinsip Baznas mendorong dan menginisiasi para mustahik untuk pendirian gerai mikro ini,” katanya.

Noor Aziz menambahkan, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 juga memiliki fungsi pusat informasi dan edukasi terkait Covid-19.

Dikatakan, para mustahik binaan yang menjalankan gerai mikro juga dibekali pengetahuan mengenai informasi terkait Covid-19. Jadi apabila ada warga masyarakat yang membutuhkan info, para mustahik atau pedagang gerai bisa mengedukasi warga.

“Selain itu juga menyediakan tempat cuci dan sabun cuci tangan yang diproduksi oleh rumah sabun milik kelompok usaha mitra Matraman,” jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 Tak hanya produk mustahik binaan. Ke depan gerai itu akan menampung produk pedagang mikro lainnya.

Tujuannya sebagai sarana untuk saling menguatkan antar pelaku usaha mikro dalam menghadapai krisis Covid-19.

Sementara itu Direktur Utama Baznas M. Arifin Purwakananta mengatakan, pihaknya akan terus mendampingi para pedagang mikro dalam melewati krisis Covid-19.

“Kami berharap bangkitnya usaha mikro ini dapat menjadi penopang bagi kebangkitan ekonomi Indonesia setelah krisis ini selesai,” tandasnya.

Browser anti blokir Kojop sudah bisa diunduh di Play Store, klik bit.ly/kojop

(jpc/pojoksatu)