Antisipasi Penyebaran Covid-19, Citilink Semprot Pesawatnya dengan Disinfektan

Citilink Tunda Aturan Bagasi Berbayar
Citilink/Ilustasi (net)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mengantisipasi penyebaran Covid-19, Citilink melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh armada pesawatnya.


Direktur Utama Citilink Juliandra menuturkan, penyemprotan disinfektan sudah dimulai sejak 31 Januari 2020 dan akan dilakukan secara berkala.

“Proses desinfeksi dilakukan di area kokpit dan kabin serta area kargo untuk memastikan aspek kebersihan pada pesawat, sehingga selalu berada dalam kondisi higienis saat penumpang melakukan perjalanan dengan Pesawat Citilink,” katanya.

Dijelaskan, penyemprotan disinfektan dilakukan sesuai dengan standar operasional dan prosedur yang berlaku.


Adapun jumlah armada yang disemprot disinfektan mencapai 60 pesawat, terdiri dari 51 unit Airbus A320, 2 unit Airbus A330-900 NEO, serta 7 unit ATR 72-600.

Selain penyemprotan disinfektan, langkah antisipasi penyebaran Covid-19 lainnya yakni memastikan penggunaan filter HEPA (High Efficiency Particulate Arrestors).

HEPA adalah alat penyaring sirkulasi udara pesawat yang memiliki kemampuan untuk menyaring debu dan kontaminan udara tingkat tinggi.

Citilink juga menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) pada area kerja Citilink, baik di dalam pesawat (lavatory), maupun di darat (customer service office dan boarding gate).

Lebih lanjut, maskapai pelat merah anggota Garuda Indonesia Group itu juga memasang banner tentang panduan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di area kerja, melakukan penyuluhan dan edukasi pembekalan kepada pegawai dalam menangani penumpang.

(jpc/pojoksatu)