Arab Saudi Stop Sementara Penerbitan Visa Umrah, Begini Respon Garuda

Jutaan jamaah mengelilingi Kabah di Masjid Haram.
Jutaan jamaah mengelilingi Kabah di Masjid Haram.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Antisipasi mencegah penyebaran virus korona, Arab Saudi memutuskan untuk menyetop sementara penerbitan visa umrah dan visa lainnya mulai Kamis (27/2).

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., Irfan Setiaputra mengaku bingung atas keputusan Arab Saudi tersebut. Sebab, kebijakan ini tiba-tiba saja keluar tanpa adanya sosialisasi.

“Beberapa (orang) sudah berangkat, tapi saya baru dapat informasi bahwa mereka ditolak. Jadi, mereka sudah antre di check-in counter tapi ditolak,” katanya.

Adapun kebijakan untuk menyetop penerbitan visa umrah yang diterapkan pemerintah Arab Saudi sangat berdampak pada Indonesia.

Pasalnya, per bulannya Indonesia bisa mengirimkan jamaah umrah hingga 60 ribu orang. “Ini cukup membingungkan, karena pengumuman baru pagi tadi. Tapi itu langsung efektif saat itu juga,” ucapnya.

Meskipun Arab Saudi menghentikan sementara pelaksanaan umrah, Irfan Setiaputra menegaskan pihaknya tetap berkomitmen untuk memulangkan para jamaah yang sudah berada di sana.

“Garuda tetap komit akan bawa pulang jamaah umrah yang di sana. Jadi, kami berangkat kosong (tanpa penumpang), agar pesawat bisa membawa jemaah umrah pulang ke Tanah Air,” pungkasnya.

Sebagai informasi, beberapa penerbangan mengalami penundaan, salah satunya di Bandara Internasional Soekarno-Harta.

Pagi hari tadi, dilaporkan aktivitas perjalanan menuju Arab Saudi masih berjalan lancar. Namun, pada siang hari pembatalan penerbangan mulai terjadi.

(jpc/pojoksatu)

Berita Terkini

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Foto net

Mendagri Harus Pecat Rektor IPDN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian harus memecat Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Hal itu menyusul …