Curah Hujan Tinggi, PT KAI Tingkatkan Kewaspadaan

penumpang kereta - imlek
Ilustrasi/foto via Jawapos

POJOKSATU.id, JAKARTA – PT KAI (Persero) langsung merespon kekhawatiran masyarakat karena hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur beberapa wilayah di Indonesia beberapa hari terakhir.


Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya rutin melakukan pengecekan rel kereta api.

“Kami memiliki petugas yang rutin memeriksa jalur kereta untuk memastikan aman dilalui kereta api,” katanya seperti dilansir dari Antara.

Lebih lanjut, Edi menuturkan, curah hujan tinggi membuat pihaknyavmeningkatkan kewaspadaan terhadap potensi longsor dan banjir.


Disebutkan, jalur selatan Pulau Jawa merupakan yang paling rawan dan sering mengalami banjir dan tanah longsor.

“Oleh sebab itu, setiap ada kereta yang akan lewat, ada petugas yang jalan kaki untuk memeriksa jalur yang akan dilalui untuk selanjutnya melaporkan ke petugas stasiun,” katanya.

Sejauh ini, kondisi jalur kereta masih normal dan tidak ada gangguan meski hujan mengguyur cukup deras. Jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta juga tidak mengalami kendala berarti.

Edi mengatakan, pihaknya toleransi ketinggian air di jalur rel hanya setinggi 1 sentimeter. “Tapi kalau sudah setinggi 10 sentimeter merendam rel diinstruksikan tidak dilalui (kereta api) karena tidak diketahui di bawah rel ada longsoran tanah atau tidak,” tandasnya.

(jpc/pojoksatu)