Lebaran Tahun Ini, 33 KA Bakal Layani Wilayah Daop 8 Surabaya

penumpang kereta - imlek
Ilustrasi/foto via Jawapos

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sebanyak 33 KA reguler jarak jauh/menengah yang berangkat dari wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sebagai armada Lebaran tahun ini.


Adapun 33 KA itu terdiri atas 8 kereta api (KA) eksekutif dengan kapasitas 3.338 tempat duduk, 11 KA ekonomi berkapasitas 8.526 tempat duduk, dan 14 KA campuran dengan kapasitas 7.984 tempat duduk. Total 19.848 tempat duduk.

Selain itu, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menambahkan, bakal ada delapan KA reguler jarak jauh/menengah yang melintas di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya.

Yakni terdiri atas 2 KA ekonomi berkapasitas 1.272 tempat duduk dan 6 KA campuran dengan kapasitas 3.664 tempat duduk.


Suprapto mengatakan, momen Lebaran selalu diwarnai lonjakan penumpang. Tahun lalu, jumlah penumpang selama masa Lebaran naik 12 persen jika dibandingkan dengan 2018.

“Karena itu, kami optimalkan sistem penjualan tiket tahun ini. Sebagai antisipasi,” paparnya.

Sementara itu, PT KAI sudah menjual tiket reguler masa angkutan Lebaran 1441 H sejak Jumat (14/2). Masyarakat bisa memesan tiket untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020, dan seterusnya.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, tiket Lebaran tersedia di situs KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh gerai penjualan resmi KAI lainnya.

Edi Sukmoro pun mengimbau para calon penumpang agar teliti meng-input tanggal, rute, dan data diri saat melakukan pemesanan.

Untuk mengantisipasi peningkatan kunjungan ke situs KAI, Edi menuturkan bahwa perseroan telah menambah kapasitas server dan bandwidth. Jumat, kapasitasnya dua kali lipat lebih banyak ketimbang hari biasa.

(jpc/pojoksatu)