Proyek Pembangunan IKN Diminati Investor Luar Negeri

Ibu kota baru Indonesia
Ibu kota baru Indonesia

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa menuturkan, sejumlah rencana proyek pembangunan ibu kota negara (IKN) baru sudah diminati oleh beberapa investor luar negeri.

Padahal saat ini belum ada satupun proyek yang di-ground breaking.

“Banyak sekali (yang berminat), ada Amerika, ada Inggris, Jerman, ada Tiongkok, Singapura, Italia, Denmark, UEA,” katanya.

Dirinya mengatakan, pihaknya akan melakukan pembahasan dengan tiap negara, salah satunya tentang skema pembiayaan agar kedua belah pihak mendapatkan win-win solution.

“Kita harus lihat skema-skema yang mereka tawarkan baik untuk kepentingan mereka sendiri dan untuk kepentingan kita. Jadi jangan sampai kita menawarkan sesuatu yang tidak proper (cocok) untuk mereka. Nanti mereka kecewa, kita juga ikut kecewa,” paparnya.

Saat ini, regulasi mengenai pembangunan IKN baru telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Setelah disetujui oleh DPR, ground breaking pun akan dilaksanakan.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan insentif bagi para investor. Mulai dari insentif fiskal hingga kemudahan perizinan.

(jpc/pojoksatu)

loading...

Berita Terkini

Surga Dunia

"Saya ingin menghadirkan surga di dunia ini sebelum surga di akhirat nanti," ujar Prof Yudian