Pemerintah Dorong Maskapai Beri Diskon Penerbangan ke Tiga Destinasi Ini

Ilustrasi. (foto : pixabay)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menyusul terjadinya penurunan wisawatan asing setelah mewabahnya virus corona sejumlah negara di dunia, pemerintah akan mendorong maskapai dalam negeri untuk memberikan diskon kepada wisatawan domestik.


Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menuturkan, diskon tersebut diberikan untuk destinasi ke Bali, Sulut dan Bintan. Pasalnya, tiga daerah wisata itu relatif ada penurunan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memprediksi berapa kerugian di sektor pariwisata akibat corona.

Terlebih lagi, sampai sekarang belum bisa diperkirakan kapan wabah corona hilang.


Wishnutama menuturkan, dampak wabah virus corona bisa lebih panjang. Sebab, saat ini hingga tiga bulan ke depan merupakan masa booking untuk liburan musim panas dari wisatawan mancanegara.

“Katakan wabah ini terjadi satu sampai tiga bulan, tetapi dampaknya bisa lebih panjang. Karena kita harus tahu kebiasaan traveler suka booking untuk musim panas Juni, Juli, Agustus,” paparnya.

Dirinya menambahkan, Tiongkok menyumbang 2,07 wisawatan per tahun yang angkanya paling besar ke Indonesia. Setiap pengunjung yang datang diperkirakan menghabiskan USD 1.400.

“Artinya secara devisa USD 2,8 billion. Itu dampak langsung wisatawan dari Tiongkok. Tetapi kalau terjadi tren negatif dari wisatawan lain berpengaruh secara psikologis dan takut tertular dan sebagainya, pasti punya dampak lain,” jelasnya.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pihaknya sudah membuka pembicaraan kepada perusahaan maskapai agar memberikan diskon bagi wisatawan domestik.

Sebab, kata dia, hanya itu yang membuat sektor pariwisata kembali bergerak. Dia memprediksi penundaan penerbangan dalam beberapa waktu ke depan akan signifikan.

(jpnn/pojoksatu)