Mulai 26 Januari, Citilink Layani Penerbangan Surabaya–Jeddah

Citilink Tunda Aturan Bagasi Berbayar
Citilink/Ilustasi (net)

POJOKSATU.id, SURABAYA – Citilink bakal melayani penerbangan Surabaya–Jeddah dengan memanfaatkan Airbus A330-900 Neo. Rute baru itu mulai beroperasi pada 26 Januari.


Memiliki kapasitas 365 penumpang, pesawat anyar itu akan bisa mengakomodasi kebutuhan jamaah umrah yang tiap tahun meningkat.

Tahun ini, Citilink menargetkan Airbus A330-900 Neo itu mengangkut 100.000 jamaah umrah Jatim. Tahun lalu 300.000 jamaah umrah nasional berasal dari Jatim.

Citilink berupaya mengambil market share yang besar di Jatim. Penerbangan langsung Surabaya–Jeddah dijadwalkan tiga kali dalam sepekan.


“Untuk rute direct ke Jeddah menggunakan pesawat jenis ini baru ada dari Surabaya,” kata Senior Manager Charter dan International Flight PT Citilink Indonesia Muhammad Agung Hartono.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi menargetkan 5 juta jamaah umrah dari Indonesia pada 2030. Selain umrah, kuota haji Indonesia terus meningkat.

“Saya berharap Citilink bisa segera membuka rute Surabaya–Jeddah dengan pesawat ini juga untuk haji,” kata Nizar. Sebab, waktu tunggu jamaah haji Indonesia sudah mencapai 20 tahun.

Kebutuhan jamaah yang tinggi itu juga diungkapkan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Dia berharap akan semakin banyak rute internasional yang penerbangannya langsung.

(jpc/pojoksatu)