Pasar Industri Elektronik Tumbuh 2-3 Persen

ilustrasi/foto via JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Dibandingkan dengan 2017, pasar industri elektronik, khususnya pada segmen home appliance, tahun ini tumbuh tipis. Kenaikannya sekitar 2–3 persen.


Deputy General Manager Marketing and Sales PT Hitachi Modern Sales Indonesia Zakaria Suwandi membenarkan hal tersebut.

Dikatakan, terjadi peningkatan demand, terutama untuk produk kelas menengah ke atas. Industri pun optimistis tahun depan permintaan tetap positif.

Ditegaskan, market tahun ini cenderung lebih baik daripada 2017.


Misalnya, yang terjadi di segmen lemari es. Menurut Zakaria, ada perubahan demand pada produk tersebut.

“Kalau 2016 permintaan didominasi produk satu pintu. Tapi, sekarang switching ke dua pintu dengan kapasitas yang rendah,” ujarnya, dilansir JPNN.

Kondisi tersebut sedikit banyak mengindikasikan bahwa secara ekonomi, masyarakat atau konsumen elektronik sudah meningkat.

Dengan demikian, pilihan produk home appliance jatuh pada range produk yang lebih mahal dengan fitur yang meningkat. Lemari es masih menjadi backbone penjualan Hitachi.

Segmen tersebut berkontribusi lebih dari 50 persen pada total penjualan perusahaan.

“Selanjutnya, kontribusi dari pompa air, mesin cuci, disusul produk small seperti rice cooker dan vacuum cleaner,” tambahnya.

Zakaria menyebutkan bahwa pada 2019 perusahaan membidik target peningkatan 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan 2018.

Meski secara market overall diprediksi tak jauh dari angka pertumbuhan 2–3 persen, sentimen produk baru yang diusung Hitachi dipercaya akan menjadi penarik minat market.

(agf/res/c7/oki/pojoksatu)