Sidak ke Pelaku Usaha Makanan, Tim Monitoring LPJ Temukan Puluhan Tabung

Epiji 3 kg
ilustrasi

POJOKSATU.id, TEMANGGUNG – Sebanyak 48 tabung LPG ditemukan oleh Tim Monitoring Pengunaan LPG 3 Kg saat sidak.


Tim menemukan tabung LPG 3 kg yang dipergunakan oleh kelima pelaku usaha makanan di Kab Temanggung pada Rabu (12/9/2018).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 46 tabung di antaranya berhasil ditarik dan ditukarkan menjadi 23 tabung 5,5 kg nonsubsidi.

Bagian pengawas distribusi barang kebutuhan pokok Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Temanggung, Eko Warih lantas memberikan arahan dan himbauan tentang peruntukan LPG 3 kg.


Pihaknya juga mengajak para pelaku usaha untuk melakukan penukaran tabung ke tabung tidak subsidi.

“Kami mengingatkan kepada para pelaku usaha ini untuk mau beralih, karena yang mereka gunakan ini jelas tertulis ‘Hanya untuk masyarakat miskin’. Dan mereka bukan kelompok keluarga miskin sehingga tidak bisa menggunakan LPG bersubsidi,” ujarnya, dilansir JPNN.

Adapun lokasi usaha yang dikunjungi saat sidak adalah empat rumah makan dan satu usaha katering dimana seharusnya mereka sudah menggunakan LPG Non Subsidi.

Sales eksekutif LPG Rayon VIII, Pertamina Ardian Dominggo Wiryosukarno menjelaskan bahwa dalam sidak ini, Pertamina memberikan trade in (tukar tabung) dengan LPG 5,5 Kg secara gratis.

“Kami berikan secara gratis penukaran dua tabung LPG 3kg, dengan satu tabung LPG 5,5 kg, dan saat kegiatan ini, kami sudah memberikan 41 tabung LPG 5,5 Kg dengan menukar 82 tabung LPG 3Kg,” tandasnya.

(chi/jpnn/pojoksatu)