Pertamina Ingatkan Warga Gunakan LPG dengan Benar

Epiji 3 kg
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pertamina mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan penggunaan LPG yang baik dan benar.


Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III Dian Hapsari Firasati menuturkan, hal ini dilakukan untuk menghindari kebocoran tabung gas kerap terjadi, yang mengakibatkan kebakaran.

Dikatakan, hal utama yang perlu diperhatikan saat memasang LPG adalah mematikan dan menjauhkan sumber api terlebih dahulu.

“Setelah itu perlu diperhatikan juga sebelum memasang tabung pastikan seal atau karet penyekat sudah terpasang dengan benar dan pastikan tidak rusak atau sobek, selang harus terpasang erat dengan penjepit regulator maupun kompor serta pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk,” jelas Dian dilansir JPNN.


Akan tetapi, bila terjadi kebocoran, Pertamina mengimbau masyarakat untuk tidak panik.

Masyarakat diminta melakukan beberapa langkah berikut, yaitu cabut regulator dari tabung.

“Kemudian tutup valve dengan kain basah dan bawa tabung keluar ruangan serta diletakkan ke tempat terbuka. Jangan menyalakan api atau listrik saat terjadi kebocoran gas serta jangan menaruh stop kontak dekat kompor,” tuturnya.

Selain itu, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk keamanan penggunaan LPG yang pertama adalah memastikan kompor dan tabung LPG diletakkan di ruangan dengan sirkulasi dan ventilasi udara yang baik.

Terpenting, tambahnya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan Pertamina mengimbau masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kondisi selang, krem, valve dan regulator secara berkala.

(chi/jpnn/pojoksatu)