Percepat Transaksi, ASDP Gunakan Pembayaran Elektronik

tiket kapal feri
ILUSTRASI. Foto dok Humas ASDP

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mempercepat transaksi di loket guna meminimalisir antrean, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana beralih ke cashless atau pembayaran non tunai.


Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi membenarkan hal tersebut.

Dikatakan, rencana tersebut mulai diberlakukan pada 15 Agustus 2018 mendatang di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk dan Merak-Bakauheni.

Ira menuturkan, rencana tersebut berdasarkan pengalaman angka angkutan laut yang naik di setiap tahunnya.


Selain mempermudah dan mempercepat transaksi, cashless juga memudahkan management untuk memprediksi peningkatan moda akuntan laut setiap tahunnya.

“Kuta mulai 15 Agustus dan mudah-mudahan akhir tahun pada angkutan natal dan tahun baru masyarakat sudah mulai terbiasa dan mendapatkan pelayanan yang lebih baik,” ujarnya, dilansir JawaPos.

Untuk mensukseskan rencana tersebut, pihaknya mengaku mulai melakukan sosialisasi kepada penumpang mulai awal Agustus 2018.

Pihaknya pun akan bekerja sama dengan bank-bank BUMN yang sudah menerbitkan kartu elektronik.

“Maka pembelian tiket hanya di luar pelabuhan mau online maupun offline dan cashless. Cashless bukan sepenuhnya tidak menggunakan uang tunai namun lebih banyak yang non tunai,” katanya.

Lebih lanjut, Ira mengatakan kegunaan penerapan cashless juga meningkatkan akuntabilitas.

Semua transaksi akan terdata dengan rapi sehingga memudahkan manajemen untuk memperkirakan besaran peningkatan penumpang yang terjadi di setiap tahunnya.

Ditambahkan, dengan penerapan cashless juga akan menutup kebocoran keuangan sebesar 20 hingga 25 persen. Pasalnya, semua transaksi akan terekam.

(mys/JPC/pojoksatu)