Transaksi E-Commerce Naik saat Piala Dunia Digelar

E-commerce
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pelaku bisnis e-commerce kebanjiran berkah dari euforia piala dunia yang dihelat belum lama ini.


Shopback mencatat terjadi peningkatan sekitar 20-80 persen pada traffic kunjungan dan pageviews di keenam e-commerce terbesar di Indonesia, yakni Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak dan JD.ID.

Tidak hanya itu, jumlah kunjungan pun stabil cenderung naik hingga berakhirnya ajang Piala Dunia.

Selama pelaksanaan Piala Dunia 2018, nilai transaksi pun mengalami peningkatan hingga 27 persen.


Hal ini terlihat dari histori transaksi yang terjadi di Shopback Indonesia dari 15 Juni hingga 15 Juli 2018.

Dilansir JawaPos.com, Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan mengatakan, biasanya seusai momen Ramadan, transaksi cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Tahun ini menunjukkan hal yang sebaliknya, jumlah transaksi di platform e-commerce rata-rata mengalami peningkatan hingga 25 persen.

Dijelaskan, ada dua faktor yang menjadi pemicu dari peningkatan ini, yakni daya beli masyarakat semakin meningkat, serta momen piala dunia yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk merangkul lebih banyak pengguna dengan beragam promo.

Adapun kategori produk yang mengalami peningkatan cukup signifikan, yakni Fesyen, Pulsa, Travel, Mobile/Gadget serta Makanan.

(uji/JPC/pojoksatu)