Jokowi Ingin Konsep Koperasi Petani Modern Jadi Percontohan

jokowi
Presiden RI Joko Widodo.

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Konsep koperasi petani secara modern yang dimotori oleh PT BUMR (Badan Usaha Milik Rakyat) Pangan Terhubung di Sukabumi diharapkan bisa menjadi percontohan untuk di daerah lain.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Koperasi Arromah PT BUMR Pangan Terhubung di Sukabumi, Jumat (1/9/2017).

“Karena saya sudah dengar lama di PT. BUMR Pangan di Sukabumi ini adalah yang sering saya sampaikan mengkoorporasikan petani, ya ini,” katanya.

Presiden mengapresiasi pendirian koperasi itu karena konsep korporasi petani dilakukan secara menyeluruh mulai pengolahan sampai penjualannya.


Hal ini termasuk pengemasan yang modern dan menarik sehingga bisa masuk langsung ke industri retail.

“Dalam skala yang besar ada economic skill dikerjakan dengan cara-cara modern. Di-packaging seperti ini kemasannya. Sangat modern, sangat menarik. Bisa masuk langsung ke retail. Petani diajak berkelompok dalam sebuah skala industri,” tutur Jokowi.

Selain itu, lanjutnya, sistem penanaman juga dilakukan secara modern dengan melibatkan teknologi modern untuk mengetahui lokasi lahan, kondisi lahan, termasuk sistem pemasarannya yang dilakukan secara online.