Jelang Natal Stok Pangan Nasional Aman, tapi Pemerintah Masih Khawatir

Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang libur panjang natal dan tahun baru, stok pangan nasional aman. Bahkan, bisa komoditi seperti beras dan bahan pokok lainnya tercukupi setidaknya sampai Februari 2017.

“Karena beras bisa sampai enam bulan. Mungkin yang menjadi kekhawatiran adalah masalah distribusinya. Karena cuaca dan juga pembatasan dengan kemacetan yang mungkin terjadi,” kata dia di Mabes Polri usai mengikuti video confrence dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Perhubungan Budi Karya, Selasa (29/11).

Menyikapi hal itu, jauh-jauh hari mereka akan berkoordinasi dengan Kemenhub untuk membuat aturan pendistribusian. Dan dalam waktu dekat, kata Lukita, mereka akan mensosialisasikan ke distributor utama.

“Terpenting untuk menyiapkan diri dalam penyaluran barang itu sampai kepada distributor ketiga, keempat hingga kelima pada pasar,” terang dia.


Menurut dia, pihaknya bakal menyidak dengan menggelar pertemuan langsung dengan datang ke pasar. “Kami ingin pantau langsung dan menindak mereka agar distribusi dipersiapkan jauh hari,” tukas dia.

(elf/JPG)