Program Sejuta Rumah Baru Terealisasi Sekitar 40 Persen

Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus merealisasikan Program Satu Juta Rumah. Per Oktober 2016 ini, kementerian yang dipimpin Basuki Hadimulyono itu telah membangun 415 ribu unit rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengaku optimistis program yang dimulai 1 Mei 2015 itu  akan terwujud seiring progres yang ada. “Capaian Program Satu Juta Rumah sampai Oktober ini telah terbangun sebanyak 415 ribu,” ujar Syarif, Rabu (12/10).

Pria yang akrab disapa Chali itu menambahkan, dari capaian 415 ribu unit rumah itu, 316 ribu unit untuk MBR. Sisanya untuk masyarakat non-MBR.

Saat ini, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan juga terus mengumpulkan data pembangunan dari kementerian/ lembaga terkait, termasuk pemerintah daerah serta perusahaan yang juga ikut melakukan pembangunan rumah bagi masyarakat.


“Itu baru data yang masuk ke kami (Ditjen Penyediaan Perumahan, red). Mungkin di lapangan jumlah rumah yang dibangun bisa lebih banyak dari itu. Kami akan terus kumpulkan datanya,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang ada, pembangunan rumah yang termasuk dalam Program Satu Juta rumah terbanyak ada di Provinsi Jawa Barat. Sedangkan di peringkat kedua adalah Bantn.