Kalimantan Bakal Punya Kereta Api, Sementara Dipelajari

Hari Raya Nyepi -Kereta Api Indonesia
Kereta Api Indonesia

POJOKSATU.id, PONTIANAK – Sarana transportasi kereta api di Kalbar masih sebatas cita-cita. Saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI baru melakukan studi kelayakan di wilayah Kalbar.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan atau tersedianya kereta api di Kalbar saat ini masih dilakukan studi kelayakan.

“Kereta api adanya di Kalimantan Tengah untuk logistik. Namun akan kita kaji lagi untuk di Kalbar,” ungkap Budi Karya saat melakukan kunjungan ke Terminal Peti Kemas PT Pelindo II Pontianak sebagaimana dikutip Rakyat Kalbar, Senin (5/9).

Pemerintah terus memperbaiki berbagai sarana infrastruktur di sejumlah daerah guna meningkatkan daya saing perekonomian nasional. Langkah ini dilakukan dengan melakukan pembangunan sarana transportasi, termasuk kereta api.


Wakil Gubernur  Christiandy Sanjaya mengatakan, pengadaan sarana transportasi kereta api di Kalbar sudah masuk dalam rencana strategis (Renstra) nasional.

Pembangunannya harus tetap menjadi perhatian serius pemerintah pusat.  “Karena sudah menjadi Renstra nasional, tentunya akan terwujud,” harap Christiandy.

Menurutnya, rencana jalur kereta api menghubungkan pulau Kalimantan melalui jalan Trans Kalimantan.

Sedangkan jalur kereta api di Kalbar saat ini fokus dari Kota Pontianak hingga ke Sambas

(Isfiansyah/nas/JPG)