Ini Prediski Puncak Kepadatan Arus Penumpang Penyeberangan

Pelabuhan Merak
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry memprediksi puncak kepadatan penumpang saat arus mudik tahun ini akan terjadi pada H-4 atau 2 Juli 2016. Direktur Utama ASDP Danang S Baskoro mengatakan, jumlah penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran diprediksi meningkat sekitar lima persen dibanding 2015.

“Jumat hari terakhir masuk kerja, sedangkan Senin itu sudah cuti bersama, jadi puncaknya H-4 atau hari Sabtunya. Saya prediksi kenaikan penumpang penyeberangan tahun ini sekitar lima persen,” ujar Danang di Menteng, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Dia menjelaskan, selama H-7 hingga H+7, total penumpang kapal di tujuh lintasan mencapai 3,64 juta. Sementara untuk jumlah perjalanan penyeberangan sebanyak 15.637, atau naik sekitar 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk sepeda motor diprediksi sebanyak 417.771 unit atau naik enam persen. Untuk kendaran roda empat, baik mobil pribadi, bus maupun truk sebanyak 537.369 unit atau naik enam persen,” papar Danang.


Tahun ini, kapasitas angkut kapal di tujuh lintasan utama yang dipantau selama arus mudik dan balik lebaran 2016 sebanyak 195 unit kapal. Adapun jumlah total kendaraan yang akan diseberangkan tahun ini diprediksi mencapai lebih dari 200 ribu unit kendaraan.

“Prediksi adanya lonjakan pengguna jasa ini yang harus kami antisipasi semaksimal mungkin. Mulai dari penambahan loket tiket, pola operasi kapal berukuran besar, hingga berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan lainnya, demi lancarnya operasional angkutan penyeberangan,” tandas Danang.

(chi/jpnn)