Indonesia Targetkan Kuasai 40 Persen Pasar Elektronik ASEAN

Menteri Perindustrian Saleh Husin

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengapresiasi produsen printer yang terus meningkatkan kandungan lokal. Dia berharap industri elektronika dalam negeri terus berkembang menjadi bagian dari supply chain produk elektronika dunia.

“Saat ini ada sekitar 250 perusahaan produsen elektronika dan komponen, baik memenuhi kebutuhan ekspor maupun dalam negeri. Saya optimis, Indonesia semakin banyak mengapalkan printer ke pasar dunia dan menjadi basis produksi global,” kata Menperin, Minggu (24/4/2016).

Ekspansi industri elektronika, lanjutnya, menjadi salah satu andalan mendongkrak kinerja ekspor. Tercatat, share ekspor Indonesia ke ASEAN saat ini mencapai 23 persen (tumbuh 11,3 persen) dan ke luar ASEAN sebesar 77 persen. Pertumbuhan ini ditargetkan mengalami kenaikan sebesar satu persen per tahun sehingga pada 2030 share ekspor Indonesia ke ASEAN diharapkan mencapai 40 persen.

“Ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk terus mengambil langkah pengembangan fasilitas yang mendukung pertumbuhan industri seperti pembangunan infrastruktur, energi dan transportasi serta fasilitasi lainnya yang bisa  meningkatkan daya saing industri,” paparnya.


(esy/jpnn)‎