Ubah Tren Menabung Menjadi Investasi, BEI Percayakan Mahasiswa

indeks saham, investasi, Bursa Efek Indonesia
ilustrasi: saham

POJOKSATU.id, SURABAYA – Sebagai agent of change atau agen pembaharu, mahasiswa dituntut untuk bisa memberikan inovasi atau terobosan mendobrak kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru. Di sisi lain, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki target agar mahasiswa Indonesia melek terhadap pasar modal.

Sehingga, PT BEI pun gencar melakukan sosialisasi kepada mahasiswa, bahkan juga pelajar, agar mengetahui tentang pasar modal yang saat ini literasinya masih lima persen.

Nah, bila dibandingkan dengan perbankan, literasi masyarakat terhadap bursa saham masih rendah. Direktur Utama BEI Tito Sulistio menyatakan, mahasiswa dapat mengubah pola pikir masyarakat dari budaya menabung menjadi berinvestasi.

“Dengan begitu, mereka bisa berkontribusi positif dan signifikan bagi perkembangan pasar modal Indonesia ke depan,” katanya saat relaunching Galeri Investasi di Unair, Senin (18/4) kemarin.


Galeri Investasi menjadi sarana untuk memperkenalkan pasar modal sejak dini kepada masyarakat. Menurut Tito, potensi jumlah penduduk usia produktif di Indonesia cukup tinggi.

Karena itu, harus ada pemahaman yang lebih awal. Galeri Investasi di Unair menggandeng PT Indopremier Securities sebagai mitra anggota bursa (AB).

Hingga Maret 2016, jumlah investor pasar modal di Jawa Timur mencapai 59.346 single investor identification (SID). Sementara itu, total investor secara nasional adalah 477.732 SID.
(rin)