Ekonomi Tengah Bergejolak, Menperin Tantang Apindo

menteri perindustrian, apindo, ekonomi
menteri perindustrian saleh husin (foto: jpnn)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Perindustrian(Menperin) Saleh Husin mengajak Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk terus berkontribusi dalam pengembangan dan peningkatan daya saing industri nasional.

Sebab, industri merupakan sektor penggerak utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penerimaan devisa negara dan penyerapan tenaga kerja.

“Di tengah pemberlakuan pasar bebas, industri nasional harus mampu bersaing. Oleh karena itu, pemerintah bersama Apindo perlu membangun sinergitas yang kuat melalui pelaksanaan berbagai program dan kebijakan untuk memudahkan investor berusaha di Indonesia,” kata Saleh, Sabtu (16/4).

Menperin mengungkapkan, industri pengolahan nonmigas mampu tumbuh dan berkembang di tengah gejolak perekonomian nasional maupun global.


“Di tengah situasi perekonomian nasional yang berat sepanjang tahun 2015, pertumbuhan industri pengolahan non-migas mampu mencapai 5,04 persen. Pertumbuhan ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama sebesar 4,79 persen,” ungkapnya.

Menurut Menperin, sektor industri pengolahan nonmigas masih menjadi penyumbang kontribusi terbesar pada struktur perekonomian nasional.
(esy/jpnn)