Mantap! BBM Tidak Akan Naik Sampai Akhir Tahun

Harga BBM
ilustrasi

POJOKSATU.id, BOGOR – Ini adalah kabar baik lainnya. Pasalnya, harga bahan bakar minyak (BBM) berpotensi tidak akan naik lagi dalam waktu yang cukup panjang. Sebelumnya, pemerintah sudah menurunkan harga premium dan solar sebesar Rp 500 pada awal April lalu.

Kabar ini disampaikan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

“Harga yang sekarang ini, harapannya tetap sampai September. Bahkan, bukan tidak mungkin sampai akhir tahun. Selama tiga bulan akan tetap dibahas,” kata Menteri ESDM, Sudirman Said, Selasa (12/4/2016).

Sudirman mengatakan, pemerintah perlu menyimpan margin untuk menghadapi puasa dan lebaran yang rawan inflasi. Pemerintah menilai, ada peluang harga BBM akan naik menyesuaikan dengan tren kenaikan harga minyak dunia.


Berdasarkan catatan Kemen ESDM, penurunan harga solar 16 persen berdampak pada penurunan ongkos antara 5–10 persen. Harga BBM naik 16 persen dan secara otomatis menaikkan ongkos hingga 30 persen.

Begitu juga dengan logistik dan bahan pangan, BBM turun 3,5 persen dan harga kebutuhan pokok turun 0,1 persen. “Kenaikan BBM delapan persen, kebutuhan pokok naik dua persen,’’ jelasnya.
(jpnn)