Monitor Aktivitas Pesawat Ruang Angkasa, Rusia Segera Bangun Radar Canggih

Rusia bangun radar untuk memonitor aktivitas pesawat ruang uangkasa
Rusia bangun radar untuk memonitor aktivitas pesawat ruang uangkasa
Rusia bangun radar untuk memonitor aktivitas pesawat ruang angkasa

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Pertahan Rusia saat diwawancarai dalam channel Zvezda-TV, memberikan bocoran bahwa Moskow kini tengah berencana untuk membangun sebuah stasiun radar di Azerbijan, dekat Lingkaran Arktik. Pembangunan radar canggih ini dimaksudkan untuk memonitor pesawat ruang angkasa yang jaraknya bisa sangat jauh.

Sementara itu, pembangunan radar yang akan diberi nama Voronezh-DM ini akan dimulai dari komplek militer Soviet-era Qabala Azerbaijan pada 2017 mendatang dan diperkirakan akan selesai tahun 2019.

Dilansir businessinsider, Selasa (18/8/2015), radar baru ini nantinya akan menggantikan radar lama milik Rusia, Daryal, yang sudah berhenti dioperasikan sejak Desember 2012 akibat permasalahan biaya sewa dengan Baku.

Laporan ini menyebutkan kalau Voronezh juga akan dibangun di 2 kota lain di bagian barat laut Rusia, yakni Pechora dan Murmansk, dan kesemuanya akan berada dalam pengawasan penuh pemerintah Rusia.


Zvezda-TV sendiri menyatakan kalau proyek Voronezh ini sebenarnya sudah pernah diadakan di Leningrad, North Caucasus, Kaliningrad, dan Irkutsk sejak 2009 silam.

(cr3/lya)