Awas! 1 dari 5 Aplikasi Android Ternyata Virus

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id – Pecinta android, tentunya Anda akan senang dan memenuhi gadget dengan aplikasi-aplikasi yang bisa mendukung kehidupan sehari-hari. Namun berhati-hatilah, karena menurut pakar, 1 dari 5 aplikasi android itu malware atau virus yang bisa merusak gadget.

Menurut Symantec Internet Security Threat, sebanyak 17 persen dari total seleuruh aplikasi android adalah virus yang terselubung dan tidak banyak diketahui orang awam.

Aplikasi yang disebut dengan “grayware” atau “madware ini biasanya membanjiri gadget dengan berbagai macam iklan. Bahkan Symantec menemukan crypto-ransomware, yakni semacam software yang bisa mengunci data, dan data tersebut baru bisa kembali diakses jika pengguna bersedia menebusnya.

Untuk menghindarkan kita dari kejadian semacam ini, lebih baik unduhlah semua aplikasi dari sumber yang bisa dipercaya, Google Playstore, misalnya.


“Google biasanya selalu melakukan proteksi dengan cukup tinggi ke aplikasi-aplikasinya, sehingga kemungkinan aplikasi tersebut mengandung virus akan sangat kecil. Selain itu, jika pihak Google menemukan virus di aplikasi tersebut, mereka akan segera menghapusnya,” ungkap Haley, direktur utama Symantec seperti dilansir yahoo.com, Sabtu (25/4).

Sebaliknya, jika mengunduh aplikasi android dari sumber atau website yang tidak jelas, seperti Bit Torrent, Mobango, dan lainnya, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut justru akan merusak gadget.

(cr3/lya)