Tak Umumkan Kenaikan Harga BBM, Ini Penjelasan Sofyan Djalil

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerintah kembali menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu (28/3). Namun sayangnya, kenaikan harga tersebut tidak ada pemberitahuan resmi dari pemerintah. Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, pihaknya sengaja tidak memberitahukan pada masyarakat.

Sofyan mengatakan, jika kenaikan harga BBM sedikit, maka pemerintah tidak menginformasikan kepada masyarakat. Sebaliknya, jika kenaikan harga dirasa cukup besar, maka akan diumumkan secara resmi.

“Sebenernya bulan lalu (harga BBM) berapa kali naik turun. Tapi kan tidak jadi berita karena kenaikannya sedikit, Rp 100-200 rupiah. Kemarin kebetulan naiknya (harga BBM) besar (Rp 500) makanya jadi berita,” kata Sofyan di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (30/3).

Menurutnya, pemerintah akan terus melakukan kajian dan mempertimbangkan harga keekonomian terkait gejolak kenaikan dan penurunan harga BBM yang tidak menentu.


“Terus kami kaji dengan harga keekonomian. Yang jelas kami sudah mengumumkan sejak APBN waktu itu. Kami tidak lagi memberikan subsidi premium, yang diberikan subsidi cuma kepada solar,” tandasnya. (chi/jpnn/lya)