“Laku Pandai”, Bakal Kurangi Jumlah Pegawai Bank

PERMATA BANK
Perbankan berharap suku bunga acuan bisa turun
Ilustrai
Ilustrai

POJOKSATU.id, DELI SERDANG – Ketua Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad mengatakan, program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) memungkinkan perbankan melakukan ekspansi bisnis dengan mengandalkan agen. Karena itu, kemungkinan besar bank-bank akan mengurangi pegawai. “Agen-agen bisa memegang peran penting bagi bank saat melakukan ekspansi, dan bank tak perlu membayar agen seperti pegawai bank. Agen hanya dibayar dengan sistem komisi per transaksi,” ujarnya Senin (30/03) di Deli Serdang.

Dengan program ini, ekspansi bisnis bank akan lebih mudah menjangkau konsumennya dimana pun dengan biaya lebih sedikit. Jumlah agen dari bank-bank yang sudah menjalankan program Laku Pandai diperkirakan bakal mencapai 50.000 agen.

Senada dengan Hadad, Wakil Presiden Direktur BTPN, Ongki Wanadjati Dana, mengatakan perseroan menargetkan bisa memiliki agen sebanyak 24.000 agen di seluruh Indonesia, terutama di daeraah pelosok. “Kami melihat banyak peluang tumbuh untuk sektor mikro. Kami akan terus menambah jumlah agen,” katanya.

Saat ini, BTPN melalui program BTPN Wow, menargetkan bisa mendapat tambahan hingga 200.000 nasabah. Dalam lima tahun ke depan, diperkirakan BTPN mendapatkan 5 juta nasabah tambahan.(iko/ril)