Wow…Mobil buatan Swiss Ini Bisa Menyelam

Mobil sQuba, bisa menyelam di dalam air
Mobil sQuba, bisa menyelam di dalam air
Mobil sQuba, bisa menyelam di dalam air

POJOKSATU.id, JAKARTA – Inovasi di bidang otomotif terus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka. Percobaan demi percobaan dilakukan untuk mencari cara bagaimana alat transportasi seperti mobil, bukan hanya mempunyai kemampuan standar, namun bisa melampaui kemampuan biasanya.

Nah, sebuah terobosan ini telah dilakukan perusahaan mobil asal Swiss Rinspeed Inc. Mereka berhasil menciptakan sebuah mobil yang tak biasa dan diberi nama sQuba. bahkan mereka mengklaim bahwa ini adalah mobil pertama di dunia yang bisa berjalan di darat dan di dalam air.

Jika di kenderai di dalam air, mobil sQuba bisa masuk hingga kedalaman 10 meter (33 kaki). Dengan dilengkapi baling-baling listrik dan 2 seabob water jaz, mobil sQuba bisa bernafas dengan cara memanfaatkan putaran saat melalui HS Genion (untuk membuka dan menutup fungsi pengeluaran air).

Dengan mesin jet yang dirancang khusus menggunakan bahan material karbon nano, mobil sQuba bisa melaju dengan kecepatan 6 km/jam di atas permukaan air, dan 3 km/jam jika dalam kondisi menyelam di bawah air. Sementara jika di jalan, kecepatannya hingga 120 km/jam.


Kelebihan lainnya, selain bisa dikendarai di dalam air, sQuba juga memiliki emisi nol. Artinya, sangat ramah lingkungan. sQuba dilengkapi baterai lithium-ion dan 3 mesin motor listrik. Satu mesin untuk perjalanan di darat, dan dua mesin lainnya untuk mengapung dan masuk ke dalam air.

Sementara untuk interiornya, dirancang khusus untuk tahan air tawar dan air garam. Kekurangannya, saat menyelam sQuba bisa menjadi seperti akuarium. Karena itu, disarankan seusai menyelam pintu kendaraan dibuka agar air di dalam kendaraan keluar.(dino76.com/ril)