Jokowi Bangun Kerjasam Batubara dengan RRT

Presiden Jokowi bersama rombongan di Beijing
Presiden Jokowi bersama rombongan di Beijing
Presiden Jokowi bersama rombongan di Beijing

POJOKSATU.id, JAKARTA – Seperi sudah di angendakan, Presiden Jokowi menjumpai Perdana Menteri (PM) Republik Rakyat Tiongkok, Y.M. Li Keqiang. Pertemuan tersebut guna membahas isu-isu strategis di bidang perekonomian, termasuk maritim, industri dan energi.

Seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Sabtu (28/3/2015), secara khusus, Presiden menyambut baik kenaikan nilai investasi Tiongkok di Indonesia. Mereka berharap investasi akan terus meningkat, terutama di sektor energi dan infrastruktur.

Selain itu, Jokowi juga mendorong implementasi Indonesia-China Five Year Plan on Economic and Trade Cooperation, melalui daftar proyek prioritas sebagai rujukan bagi pengembangan kerja sama pembangunan ekonomi yang lebih terarah dan terukur.

Dalam skema ini, Indonesia menjajaki kerja sama teknologi pengolahan batu bara menjadi gas dan proyek ketenagalistrikan (bidang energi), serta pembangunan bendungan/dam dan pelabuhan laut dalam di Indonesia.


Kunjungan kenegaraan Jokowi beserta Ibu Negara dan rombongan di Beijing tersebut dimulai dengan acara peletakan bunga di Monumen Pahlawan Rakyat di Tiananmen Square oleh Presiden.

Selanjutnya, Presiden menuju ke Balai Agung Rakyat/Great Hall of the People dalam rangka untuk bertemu dengan Ketua Dewan Rakyat Nasional/National People’s Congress (NPC) RRT, Y.M. Zhang Dejiang.

Dalam pertemuan itu juga, Presiden menekankan pentingnya peningkatan kerja sama antarparlemen RI-RRT untuk semakin mendekatkan masyarakat kedua negara.(ahl/ril)