Bank BRI Klaim Miliki Puluhan Ribu Agen Program Laku Pandai

3129
POJOKSATU – PT Bank Rakyat Indonesia mengaku sudah memiliki 24.300 agen program Laku Pandai atau bank tanpa kantor cabang (branchless banking), yang tersebar di sejumlah daerah. Ini dibuktikan dengan nilai transaksi di agen sudah mencapai Rp 7,8 triliun. Tahun ini, BRI menargetkan jumlah agennya mencapai 50 ribu orang, dengan transaksi Rp 84 juta per agen.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, jadi dengan target itu volume transaksi dari Laku Pandai diyakini akan mencapai Rp 22,4 triliun. BRI menamakan agen-agen tersebut Agen BRILinks. Soal orang yang diunjuk sebagai agen ini, Asmawi mengatakan, pihaknya memilih mereka yang sudah menjadi nasabah BRI selama dua tahun dan memiliki catatan bagus.

“Pertama kita tidak perlu buka kantor, kita buka jaringan dalam waktu singkat. Tidak perlu bankir yang sangat banyak karena diwakili yang punya warung. Dapat kami sampaikan, BRI sudah buka 24.300 agen dan sudah jalan volume transaksinya Rp 7,8 triliun. Ini uang nasabah yang sudah tersimpan di dalam bank,” ungkap Asmawi dalam jumpa pers peluncuran Laku Pandai di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kawasan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/3)

OJK bersama perbankan dalam negeri memulai program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif). Sebanyak 17 bank sudah mengajukan untuk menjalankan program ini. Pada tahap awal ada empat bank sudah mendapat persetujuan menjalankan program bank tanpa kantor cabang ini, BRI, Mandiri, BCA, dan BTPN. Empat bank itu membidik bisa merekrut 128.039 agen selama 2015. Jika 13 bank lainnya bisa segera bergabung, maka jumlah agen Laku Pandai bisa mencapai 350.000 dengan cakupan 75 persen di seluruh Indonesia. “Dalam tiga tahun ke depan, saya perkirakan agen-agen Laku Pandai akan ada di semua wilayah Indonesia,” imbuh Muliaman D Hadad Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad. (ers)