Keren, Pelajar Bogor Ciptakan Robot Pengangkut Sampah

Pelajar SMP di Bogor menunjukkan inovasi mereka membuat robot pengangkut sampah.
Pelajar SMP di Bogor menunjukkan inovasi mereka membuat robot pengangkut sampah.
Pelajar SMP di Bogor menunjukkan inovasi mereka membuat robot pengangkut sampah. Foto: Maya/Radar Bogor (Grup Pojoksatu.id)

POJOKSATU.id, BOGOR – Pelajar Bogor kembali unjuk gigi di bidang teknologi. Sejumlah pelajar SMP berlomba membuat robot yang mampu menyelesaikan pekerjaan manusia. Salah satunya memindahkan sampah dari dan menuju titik yang ditentukan.

“Mereka (pelajar) bersaing buat robot cleaning bot. Robot yang diprogram harus bisa memindahkan sampah dari tempat yang sudah ditentukan. Mereka harus lebih dulu merakit lewat komputer,” kata Ketua panitia Primadini Asri seperti dilansir Radar Bogor, Senin (23/3).

Sebelum merakit robot, para peserta membuat program termasuk sistem kerja robot di komputer jinjing masing-masing. Mereka dibatasi waktu saat membuat program tersebut. Robot hasil rakitan, harus dapat bekerja sesuai dengan keinginan. Si pembuat dapat mengendalikannya dengan beberapa cara.

Inilah robot pengangkut sampah hasil karya pelajar SMP Bogor
Inilah robot pengangkut sampah hasil karya pelajar SMP Bogor

Dari puluhan peserta, ada yang mengendalikan robot menggunakan batang atau stik PlayStation (PS). Ada juga yang menggunakan telepon genggam.


“Tidak ada ketentuan ukuran. Asal, robot bisa bekerja memindahkan barang ataupun sampah,” kata owner Robotickidz Bogor itu.

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengapresiasi lomba tersebut. Menurutnya, ini akan merangsang anak-anak berkreasi di bidang teknologi. “Anak-anak dapat menyalurkan hobi dan kemampuannya di bidang teknologi dengan hal positif, berguna untuk banyak orang,” pungkasnya.(mer/lya)