Minyak Dunia Naik, Harga BBM Menyesuaikan

harga bbm turun
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Produsen minyak dunia mengumumkan rencana mengurangi investasi akibat penurunan tajam harga minyak mentah sejak akhir 2014. Namun pengumuman tersebut justru membuat harga minyak dunia naik pada Jumat (13/2/2015) pag.

Harga minyak mentah Brent bertahan di atas USD59 pada hari Jumat, naik lebih dari 2 persen dibanding awal minggu ini. Hal ini karena pemotongan belanja industri yang sempat membuat dolar AS jatuh, kembali hidup akibat adanya aksi beli.

Di AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, naik 2,37 dolar. Sedangkan di Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret, bertambah 2,39 dolar AS menjadi 57,05 dolar AS per barel di perdagangan London.

Kenaikan tersebut menghentikan penurunan besar dua sesi berturut-turut, dengan penurunan Rabu dipicu oleh data yang menunjukkan peningkatan besar dalam persediaan minyak mentah Amerika Serikat.


Menanggapi kenaikan tersebut, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah mempertimbangkan ini untuk penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) di tanah air.

“Ya sudah tidak apa-apa (rebound). Nanti akan kita sesuaikan harga,” ujar Bambang di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (13/2).

Bambang belum menjelaskan secara rinci langkah pemerintah dalam penyesuaian harga BBM tersebut. Apakah akan menaikkan harga BBM atau menurunkan harga.

“Belum ditentukannya langkah penyesuaian harga lantaran pemerintah masih fokus penyelesaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 yang hari ini disahkan di sidang paripurna DPR,” tuturnya. (one)