Intel Luncurkan Smart Clip, Cegah Anak Tertinggal Dalam Mobil

Smart Clip
Smart Clip
Smart Clip

POJOKSATU – Maraknya kasus anak tertinggal dalam mobil yang tentunya membahayakan jiwa sang buah hati, membuat Intel tergerak untuk membuatkan alat canggih, agar orang tua tahu jika anaknya tertinggal di dalam mobil.

Intel memperkenalkan Smart Clip untuk kursi bayi dalam mobil. Alat ini berfungsi untuk mengingatkan orang tua jika mereka lupa bayi mereka tertinggal di dalam mobil.

Intel Smart Clip adalah prototipe perangkat teknologi untuk kursi bayi dalam mobil yang dapat membantu mencegah anak-anak atau bayi tertinggal di dalam mobil.

Smart Clip ini berfungsi seperti gesper keselamatan memiliki sensor bluetooth built-in yang akan memberitahu melalui perangkat mobile jika bayi membuka sendiri kaitannya, atau jika bayi merasa terlalu panas atau dingin atau jika baterai hampir habis. Fitur yang paling penting adalah Smart Clip akan mengirimkan peringatan jika Smart Clip di luar jangkauan dengan perangkat mobile, sehingga mencegah penumpang tertinggal di dalam mobil.


“Anda dapat mengalami hari yang sibuk dan stres, atau pengasuh bayi mungkin tidak menemani bayi Anda. Memiliki perangkat seperti ini hanyalah tindakan pencegahan yang baik, dan tentu saja, tidak ada yang akan dapat menggantikan tanggung jawab orang tua kepada anak”, kata Marice Miller, Engineer Intel dan seorang ibu, yang mengembangkan Intel Smart Clip ini.

Dengan dorongan dan dukungan dari manajemen, sebuah tim kecil yang terdiri dari Miller bersama empat engineer Intel lainnya menguji dan mengevaluasi sistem pengingat keamanan yang telah ada. Tim ini melibatkan engineer hardware, ahli cetak 3D dan prototipe, dan pengembang aplikasi android; bahkan putri Miller sendiri berkontribusi dengan menjadi peserta tes.

Sementara perangkat dalam bentuk yang sekarang hanya prototipe, Miller mengatakan bahwa timnya bekerja sama dengan mitra multinasional untuk membawa perangkat ini ke pasar, namun pengembangannya tidak akan berhenti di situ.

“Saat ini Intel Smart Clip terkoneksi dengan perangkat Android, aplikasi untuk perangkat iOS dijadwalkan untuk rilis saat Smart Clip mulai dijual ke masyarakat luas. Smart Clip ini seperti langkah kecil dari bayi, jika Anda mau, banyak kemungkinan dikembangkan ke generasi berikutnya,” kata Miller. (*/aci/fajar/lya)