Jokowi: Mobnas Tetap Esemka

Ilustrasi Jokowi bersama mobil Esemka
Ilustrasi Jokowi bersama mobil Esemka
Ilustrasi Jokowi bersama mobil Esemka

POJOKSATU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah kalau mobil Proton buatan Malaysia akan menjadi mobil nasional (mobnas). Dia mengatakan jika bicara mobil nasional, tentu saja pemerintah Indonesia akan mengembangkan Esemka.

“Kalau bicara mobil nasional, tentu saja saya akan berbicara Esemka. Kalau mau bicara mobil nasional,” ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (10/02) dini hari.

Dia menegaskan, apa yang terjadi di Malaysia pada pekan lalu itu adalah murni bisnis pihak swasta. “Artinya, yang tadi (Proton) itu B to B. Apa perlu saya jelasin B to B itu apa?” kata Jokowi sambil tertawa.

Ditanya soal pengembangan mobil nasional, Jokowi mengaku belum ada rencana untuk fokus terkait hal itu. Namun ia memastikan jika rencana itu dijalankan, semuanya harus asli buatan dalam negeri.


Seperti dikabarkan sebelumnya, dalam kunjungan kenegaraannya ke Malaysia pada Jumat (6/2) lalu, Presiden Joko Widodo menghadiri acara MoU antara perusahaan otomotif Malaysia Proton Holdings BHD dengan perusahaan swasta asal Indonesia, PT Adiperkasa Citra Lestari milik Hendroproyono. Banyak yang beranggapan Jokowi akan mengembangkan rencana mobil nasional menggunakan mobil Proton.

“Kalau saya misalnya menengok sebuah industri, sebuah manufaktur di negara lain tentu adalah hal yang sangat wajar,” tambahnya. (ril)