Waspada! Ada Apel Dilapisi Bahan Lilin

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Di Kabupaten Brebes, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menemukan apel yang dilapisi bahan pembuat lilin.

Kepala Disperindag Pemkab Brebes, Drs Zainudin Msi, kemarin mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan zat apa yang menjadi bahan pelapis apel tersbut.

“Itu seperti nempel, setelah dikerok ternyata di lapisan kulit ada bahan seperti lilin. Kalau busuk juga hanya diujungnya saja, tidak seperti apel lokal. Apakah ini berbahaya, kami akan koordinasikan dengan pihak terkait. Kami mengimbau sebaiknya masyarakat mengkonsumsi apel lokal Indonesia saja, lebih alami,” pintanya.

Razia yang digelar kemarin kata Zainudin untuk menghentikan peredaran dua jenis apel impor dari AS yang mengandung bakteri berbahaya. Ia mengaku masih menemukan dua jenis apel ngeri asal Amerika itu di pasaran.


Sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) merazia apel impor asal Amerika Serikat di sejumlah pasar modern dan tradisional.

Insepksi mendadak yang dipimpin langsung Kepala Disperindag Pemkab Brebes itu langsung mengosek ke salah satu mall di Kota Brebes. (ism/adi/ril)