Inilah Peretas Facebook dan Instagram

Favebook eror selama satu jam
Favebook eror selama satu jam
Favebook eror selama satu jam

POJOKSATU РSitus jejaring sosial Facebook dan Instagram tumbang selama satu jam, Selasa (27/1/2016). Kedua situs ini down akibat diserang hacker dari kelompok Lizard Squad.  Serangan cyber ini membuat 1,5 miliar pengguna Facebook dan Instagram di Amerika Serikat, Eropa dan Asia tak bisa berselancar di kedua situs sosial tersebut.

Lizard Squad adalah sekelompok hacker yang telah menyebabkan kekacauan di dunia online sebelumnya. Mereka menumbangkan jaringan Sony PlayStation dan jaringan Microsoft Xbox Live bulan lalu.

Sebelumnya kelompok ini juga mengaku bertanggung jawab atas serangan di Xbox dan PlayStation pada Hari Natal tahun lalu.

Dalam wawancara dengan BBC Radio 5 Live, salah satu kelompok hacker mengaku menikmati kelemahan dalam keamanan web perusahaan global.


“Saya tidak akan menyebut diriku seorang hacker kelas atas, saya tahu banyak orang yang jauh lebih baik daripada saya. Ini adil untuk mengatakan saya tahu barang-barang milik saya sekalipun,” katanya seperti dilansir Daily Mail, Selasa (27/1/2015).

“Ketika orang-orang, teman-teman saya, pergi clubbing, berpesta, saya tidak menikmati itu. Jadi saya memutuskan untuk duduk di rumah dan belajar keterampilan yang lebih dari saya sendiri,” tambahnya.

Dia menambahkan, perusahaan global dengan tim teknisi harus mampu melindungi keamanan jaringan mereka dari hacker yang hampir membuat perusahaannya tidak hidup lagi.

Sementara itu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg yang juga pemilik Instagram, membantah Facebook dan Instagram tumbang  karena di-hack. Ia menyatakan, dua situs ini down akibat pemadaman yang mempengaruhi sistem konfigurasi kedua situs tersebut.

Pemadaman, kata dia, terjadi akibat badai salju yang terjadi di pantai timur Amerika dan hal itulah yang membuat server Facebook dan Instagram tumbang.

“Kami sedang bekerja untuk menormalkannya secepat mungkin,” demikian pernyataan resmi dari Facebook. (one)