Diserang Hacker, Facebook Tumbang Satu Jam

Kini, Facebook Dapat Mencari Postingan Lama

POJOKSATU – Ratusan juta orang di seluruh dunia tidak dapat menggunakan Facebook dan Instagram selama satu jam, Selasa (27/1/2016).

Facebook dan Instagram tumbang karena mendapat serangan hacker. Kelompok Lizard Squad mengklaim sebagai pihak yang meng-hack dua situs media sosial itu pada pukul 06:00 waktu WIB.  Kedua situs yang memiliki total pengguna 1,5 miliar itu  error di Amerika Serikat, Eropa dan Asia.

Namun Bos Facebook, Mark Zuckerberg yang juga pemilik Instagram, membantah Facebook dan Instagram tumbang  karena di-hack. Mark Zuckerberg  menyatakan, dua situs ini down akibat pemadaman yang mempengaruhi sistem konfigurasi kedua situs tersebut.

Pemadaman, kata dia, terjadi akibat badai salju yang terjadi di pantai timur Amerika dan hal itulah yang membuat server Facebook dan Instagram tumbang.


“Kami sedang bekerja untuk menormalkannya secepat mungkin,” demikian pernyataan resmi dari Facebook seperti dilansir Daily Mail, Selasa (27/1/2015).

Seorang juru bicara Instagram melalui akun Twitter mengatakan “Kami menyadari outage mempengaruhi Instagram dan bekerja untuk memperbaikinya. Terima kasih atas kesabaran Anda.”

Tidak ada penjelasan alasan pemadaman, tapi mungkin ada hubungannya dengan badai salju yang sedang berlangsung di negara bagian New York, Massachusetts, Rhode Island, New Jersey dan Connecticut, di mana server utama berada. (one)