Jokowi: Lewat PTSP Izin Mudah dan Cepat

Jokowi

POJOKSATU – Untuk mempermudah mengurus izin usaha pemerintah terus meningkatkan mutu pelayanan. Salah satunya dengan membuat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). PTSP ini dibentuk agar investor tak perlu mendatangi Kementerian/Lembaga (K/L) ketika mengurus izin usaha.

Hari ini, Senin (26/1) PTSP Pusat di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Cukup datang ke PTSP Pusat yang ada di BKPM, investor bisa mendapatkan izin. Jokowi mengatakan, keberadaan PTSP sangat penting untuk mempercepat investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada 22 K/L. Semua perizinan telah dibawa ke BKPM untuk melayani lebih cepat dan baik,” terang Jokowi dalam sambutannya, Senin (26/1).


Langkah yang dilakukan ke-22 K/L menyerahkan  kewenangan kepada BKPM itu menunjukkan tidak ada ego sektoral lagi. Kini semuanya saling bahu-membahu untuk memberikan pelayanan investasi lokal, nasional dan asing dengan sebaik-baiknya.

“Target pertumbuhan ekonomi tahun ini semula adalah 5,1 persen. Namun, pemerintah telah mengubahnya menjadi 5,6-5,8 persen sehingga tiap tahun harus naik. Kuncinya adalah realisasi APBN dan perkembangan investasi di negara kita,” tegas Jokowi. (jpnn/flo/ps)