Moge Klasik Husqvarna, Genre Retro dengan Tampilan Garang

Husqvarna

SEPEDA motor tua tak selamanya harus terpasung dalam desain yang usang. Seperti moge klasik lansiran Husqvarna Motorcycles ini. Dengan sentuhan modifikasi, konsep moge klasik Husqvarna tahun 60-an hingga 70-an bisa terlihat lebih garang.

Lewat ajang EICMA di Milan November lalu, Husqvarna Motorcycles memamerkan konsep terbarunya. Mereka menampilkan dua produk, yaitu Vitpilen dan Svartpilen. Keduanya bergenre retro dengan mengambil basis sasis dan mesin dari KTM RC390 dengan mesin empat tak silinder tunggal berkapasitas 375 cc yang mampu menyemburkan tenaga 43,5 hp.

Vitpilen diambil dari bahasa Swedia yang berarti panah putih. Sementara Svartpilen berarti panah hitam. Keduanya tampil lebih macho berkat aplikasi ban knobbly yang dipadukan dengan velg aluminium model jari-jari dibalut ban berukuran cukup besar.


Pabrikan ini memang terkenal dengan line-up produk model trail atau enduro yang simpel. Dari segi tampilan, karakter Cafe Racer pada Vitpilen dan Svartpilen cukup kuat dengan rangka pendek sehingga terlihat padat. Desain lampu depannya dibuat bulat dengan sistem pencahayaan LED.

Vitpilen menggunakan tangki yang menyatu dengan bodi samping. Bagian yang terlihat unik adalah terdapat lekukan menonjol pada sisi samping tangki agar tidak terlihat flat. Selain itu, model tangki bensin dibuat agak memanjang. Sementara dukungan kaki belakangnya mengandalkan suspensi monoshock. Tampilan Vitpilen dan Svartpilen makin gagah berkat knalpot racing dengan ujung motif karbon.

Untuk pewarnaan, Vitpilen diberi warna putih yang dipadukan dengan hitam serta aksen berupa striping. Sementara pada bagian mesin dan velg, warna brown gold disemburkan agar dapur pacu terlihat lebih kejam. Beda halnya dengan Svartpilen. Untuk warna bodinya, dipilih hitam dan silver pada bagian velg. Disesuaikan dengan tema Svartpilen yang memang lebih berkonsep enduro. (fgr/c9/agf)