Mau Terbang Seperti Burung? Pakai Alat Ini

Birdly, alat yang bisa membantu Anda merasakan terbang seperti burung
Birdly, alat yang bisa membantu Anda merasakan terbang seperti burung
Birdly, alat yang bisa membantu Anda merasakan terbang seperti burung

POJOKSATU – Max Rheiner menciptakan sebuah alat virtual realiti bernama Birdly. Alat ini membuat manusia bisa merasakan terbang seperti burung.

Kepala Interaction Design Program di Zurich University of the Arts ini menampilkan alat ciptaannya di Sundance 2015, yang berlangsung dari tanggal 22 Januari sampai 1 Februari 2015 di Utah, Amerika Serikat. Alat tersebut ditampilkan sebagai bagian dari festival pameran New Frontier.

Max Rheiner pun memperagakan cara menggunakan Birdly. Menurut dia, pemakai harus dalam keadaan telungkup di atas alat virtual yang terlihat seperti kursi dokter gigi itu. Dengan headset Oculus Rift yang lengkap terhubung dengan kacamata canggih 3D, serta kipas angin kecil yang terpasang secara opsional di depan atau samping Birdly, sudah cukup menghasilkan sensasi terbang yang luar biasa terasa nyata.

Pemakai Birdly cukup mengepakan tangannya perlahan untuk dapat merasakan terbang layaknya burung dan memakai kakinya sebagai ekor yang digunakan oleh burung sebagai penyeimbang ketika terbang. Ditambah kecanggihan Oculus Rift dalam memberikan visualisasi Bird-Eye View sudah cukup memuaskan para pengunjung Sundance 2015 yang ingin menjajal rasanya melayang seperti elang.


Birdly sudah pernah ditampilkan di Swiss pada bulan Mei 2014 lalu. Rheiner mengatakan bahwa Birdly yang ditampilkan di Sundance 2015 adalah versi 2.0. Seperti tempat untuk tubuh pemakai di Birdly yang baru, tidak dimiliki oleh Birdly versi lama.

Setelah proyek Birdly ini selesai, Rheiner berharap untuk membuat Birdly versi industri. Yaitu versi dengan bagian-bagian yang jauh lebih baik daripada yang mereka bangun di Zurich University of the Arts ini. (cr2)