Blackberry Lesu Pembeli

foto: Dok Radar Bogor (Grup Pojoksatu)
foto: Dok Radar Bogor (Grup Pojoksatu)
foto: Dok Radar Bogor (Grup Pojoksatu)

POJOKSATU – Semakin menjamurnya merek-merek baru smartphone yang menawarkan spesifikasi terbaru nan canggih namun dengan harga bersaing, membuat merek pendahulunya semakin tersingkir. Bahkan yang terjadi saat ini merek Oppo, Advan dan Samsung semakin menjadi primadona. Bahkan ketiga brand mampu menyingkirkan penjualan Blackberry.

Sejak kemunculannya 1999 silam, smartphone BlackBerry sempat mendominasi pasar global. Namun kini handset ikonik itu mulai sepi peminat. Hal tersebut dikarenakan persaingan pasar smartphone yang kian ketat.

Tak hanya di lima kota besar Indonesia, fenomena ini juga terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat. Sebagian besar pemilik gerai ponsel mengaku, smartphone asal Kanada ini mengalami penurunan permintaan. Hal itu sudah berlangsung sejak Desember 2013.

Kholik, salah satu penjual ponsel di Bogor Trade Mall mengungkapkan, sepinya minat konsumen terhadap perangkat BlackBerry karena smartphone yang lebih canggih dan elegan terus bermunculan di pasar.


Mereka lebih memilih merek dan tipe smartphone yang menggunakan sistem operasi (OS) Android, iOS dan Windows Phone. “Sudah lama sih, tapi ya semakin ke sini makin dikit, sehari paling 2 yang beli, paling banyak,” ungkapnya pada Radar Bogor (Grup Pojoksatu).

Menurutnya, ketiga smartphone, yaitu Oppo, Advan dan Samsung yang paling banyak dicari pembeli saat ini. “Sampai saat ini sih merek Samsung masih sangat laris,” tambah Kholik. Awal tahun ini banyak yang memilih smartphone Samsung Galaxy V dengan harga Rp1.200.000 dan Oppo Joy dengan harga Rp1.300.000. “Ya pembeli pun saat ini semakin pintar memilih HP,” katanya.

Kondisi berbeda dengan Nuri, penjual konter handphone BlackBerry di BTM. Menurutnya, karena konternya sudah dibrand dengan Blackberry, peminat smartphone itu masih banyak dibanding smartphone lain. Sehari laku 5 hingga 7 BlackBerry dibandingkan smartphone lainnya yang hanya 2 orang pembeli sehari. “Ga tau ya, mungkin karena konter ini namanya di brand balckberry,” tukasnya.

Ia pun menambahkan, harga BB masih normal seperti tahun sebelumnya. Hanya saja, harga smartphone lainnya menurun, seperti iPhone, khusus iPhone 4G dan 4S turun Rp300.000 hingga Rp500.000 dari harga sebelumnya. Begitu pula dengan beberapa merek smartphone lainnya, seperti Advan dan Asus.(ran/ps/lya)