Angkot Eksekutif Bebas Pasang Tarif

KABAR-BOGOR-NET-UPDATE-INFORMASI-BOGOR-Angkot-Cisarua
Angkot eksekutif. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Sikap pemerintah yang naik turunkan harga bahan bakar minyak (BBM), mebuat para pemilik angkutan umum ikut kawalahan. Mereka pun haru memutar otak menghadapi penomena yang terjadi akhir-akhir ini.

Salah satunya memodivikasi angkutan agar penumpang masih menggunakan jasa mereka. Sebab, persaingan angkutan semakin ketat. Kini, beberapa angkot di Ciomas dan Dramaga, serta daerah lain di Kabupaten Bogor, berlomba menyediakan fasilitas lebih.

Sebab, dengan tambahan fasilitas ini mereka bisa menentukan tarif sendiri, tanpa harus menunggu kebijakan pemerintah dan organisasi angkutan darat (organda).

Kabid Angkutan dan Terminal DLLAJ Kabupaten Bogor, Dudi Rukmayadi mengatakan, angkutan yang memanjalan penumpang dengan fasilitas seperti AC, televisi, dan fasilitas lainya boleh memasang tarifnya sendiri.


“Sekarang sudah mulai banyak angkot yang disulap menjadi mobil eksekutif. Dengan fasilitas itu, mereka bisa menentukan harga. Kami tidak bisa melarang mau berapa pun ongkosnya,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

adi, kata dia, supir angkot atau pemilik angkotnya yang menentukan harganya. Kecuali kalau angkutan biasa menaikan ongkos, baru tanggung jawab pemerintah. Lebih lanjut ia mengatakan, angkot bebas memberikan kenyamanan, dan tetap mengutamakan faktor keselamatan penumpang.

“Yang pentinng aman dan nyaman, jadi meski ongkos mahal, tidak masalah, toh harga tergantung mekanisme pasar, jadi mau dinaikan ongkosnya tidak masalah,” terangnya. (all)