Komputer Akan Lebih Pintar Ketimbang Manusia

Komputer Akan Lebih Pintar Ketimbang Manusia. FOTO : IST
Komputer Akan Lebih Pintar Ketimbang Manusia. FOTO : IST

POJOKSATU – Dalam sebuah era pertumbuhan cepat teknologi seperti sekarang, fungsi komputer dan kebutuhan dalam penggunaannya oleh manusia tak terelakkan lagi.

Seperti dilansir Telegraph Jumat (16/1), Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web (WWW) menyebut komputer akan menjadi lebih pintar daripada manusia. Menurutnya, agar hal itu tidak menjadi masalah, penduduk Bumi perlu merangkul teknologi baru dan mesti menerima kenyataan kalau pekerjaan tertentu yang awalnya dilakukan manusia akan digantikan mesin.

Menurut Lee, akan ada beberapa kemungkinan yang terjadi saat komputer menjadi lebih pintar daripada manusia. Ia mencontohkan pekerjaan yang membutuhkan tenaga manusia untuk mencetak brosur. Maka, hal tersebut tidak akan diperlukan lagi karena akan digantikan komputer.

Pekerjaan yang akan hilang terlebih dulu, Lee memperkirakan adalah pekerjaan yang manusia pikir membosankan untuk dikerjakan. “Saat komputer lebih pintar, kemungkinannya mereka akan mengambil alih pekerjaan yang hasilnya penting atau menarik bagi manusia, seperti menciptakan obat-obatan, atau yang membosankannya, melakukan pembukuan pajak,” jelasnya.


Hanya saja, Lee memiliki keyakinan jika komputer akan memaksa manusia menemukan pekerjaan kreatif yang menarik dan menyenangkan. Lee pun menekankan perlunya developer perangkat lunak dan sejenisnya, untuk tumbuh lebih banyak lagi dibanding sekarang karena di masa depan akan ada ketergantungan pada teknologi. (joy)