Makin Mendekat, Puluhan Asteroid Ancam Bumi

makin mendekat, puluhan astoroid ancam bumi. foto: istimewa
makin mendekat, puluhan astoroid ancam bumi. foto: istimewa
makin mendekat, puluhan astoroid ancam bumi. foto: istimewa

POJOKSATU – Pada Desember 2013, program Near-Earth Object Wide-field Survey Explorer (NEOWISE) kembali diaktifkan Badan antariksa Amerika Serikat, NASA. Sejak diaktifkan dalam dua belas bulan, ilmuwan NASA menemukan tiga komet baru dan 40 objek luar angka tak dikenal yang berada dalam jarak terdekat dengan Bumi.

Seperti dikutip dalam laman Theregister, Jumat (16/1/2015), program NEOWISE dimulai pada 2009 dengan nama WISE atau Wide-field Infrared Survey Explorer. Namun tahun berikutnya 2010, terdapat kendala yang menyebabkan teleskop inframerah kehilangan hidrogen yang dipakai untuk pendingi. Sehingga, misi tersebut dihentikan sementara.

Ilmuwan kemudian memanfaatkan sensor yang dibawa WISE, yang tidak memerlukan pendingin. Pada 2011 program ini dijalankan lagi dengan nama NEOWISE. Nah pada 2013 pendanaan untuk penelitian digencarkan untuk ekplorasi luar angkasa lebih mendalam. Namun untuk kali ini, program NEOWISE difokuskan untuk menemukan objek berbahaya dan batu luar angkasa yang mendekat ke Bumi.

Ini sebenarnya bukan kali pertama NASA meluncurkan program untuk menemukan objek astroid yang berada di dekat bumi. Teleskop luar angkasa lainnya di seluruh dunia juga memantau asteroid dan usaha mereka dicatat oleh Minor Planet Centre.


Tercatat pada 2014, baru sekitar 93 objek asteroid yang ditemukan. Objek-objek dekat Bumi yang tercatat ini berada pada jarak 7,5 juta kilometer dari Bumi dan memiliki ukuran diameter 110 meter atau lebih.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, ahli astrofisika asal Rusia mengonfirmasi temuan asteroid raksasa yang bergerak menghampiri Bumi setiap tiga tahun sekali. Asteroid 2014 UR116 secara teknis bersinggungan dengan orbit Bumi setiap tiga tahun sekali. Risiko terburuk kemungkinan bisa datang karena lintasan asteroid tersebut berubah akibat tarikan gravitasi planet.(lya)