Harga Semen, BBM dan Elpiji Turun, Ini Kata Menteri BUMN

Joko Widodo
Joko Widodo

POJOKSATU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji 12 kg. Secara mengejutkan, Jokowi juga mengumumkan penurunan harga semen yang diproduksi oleh PT Semen Indonesia Grup.

Di mana baru kali pertama seorang presiden mengumumkan penurunan harga semen. Menanggapi hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menjelaskan sebelum diumumkan penurunan harga BBM, ia sempat memberikan laporan pada Jokowi bahwa harga semen mengalami penurunan.

“Di saat yang sama, saya melaporkan pada beliau (Jokowi) bahwa ada dua hal lagi yang bisa mengalami penurunan harga, yaitu elpiji 12 kg sebesar Rp 5 ribu, dari Rp 134 ribu jadi Rp 129 ribu dan juga harga semen turun Rp 3 ribu,” ungkap Rini di kantornya, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (16/1).

Setelah memberikan laporan tersebut pada Jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menurut Rini, langsung berniat juga untuk mengumumkan bersamaan dengan penurunan harga elpiji 12 kg dan harga BBM yang baru. Pengumuman penurunan harga semen kata Rini, bukan atas permintaannya.


“Kata presiden, jadi ya udah deh sekalian diumumin saja. Mungkin bagian itu beliau (Jokowi) kelupaan bilang (kalau baru dapat laporan), jadi bukan saya yang minta diumumkan,” katanya. (chi/jpnn/ps)