Mulai Senin, Harga Semen Turun Rp 3.000 per Sak

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU – Presiden Joko Widodo bukan hanya mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) premium dan solar serta turunnya harga LPG 12 kg, pemerintah juga menetapkan harga baru untuk semen yang dikontribusikan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mulai Senin (19/1) dini hari harga semen turun Rp 3.000 per sak. “Harga semen turun Rp 3.000 per sak terutama yang diproduksi BUMN,” kata Jokowi di halaman belakang Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Dalam kesempatan itu presiden juga meminta agar semua pihak mulai dari Menteri, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota ikut mendorong penurunan harga-harga sehingga bisa dinikmati semua pihak. Namun mengenai turunnya harga semen, Jokowi tidak menjelaskan lebih detail.

Seperti diketahui, ada dua semen yang saat ini berada di bawah naungan BUMN yakni PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) dan PT Semen Batu Raja Tbk.


Berdasarkan harga semen di tahun 2015 antara lain Semen Gresik 50 Kg dengan jenis PC senilai Rp 61 ribu, semen Gresik 40 Kg senilai Rp 50 ribu. Sementara itu, Semen Padang 50 Kg dengan jenis PC di kisaran harga Rp 60 ribu, dan Semen Padang berukuran 40 Kg dengan jenis portland cement seharga Rp 49 ribu.(lya)