Intel Perkenalkan Hardware Mini

Prototype Intel Curie yang mungil.(Intel)
Prototype Intel Curie yang mungil.(Intel)
Prototype Intel Curie yang mungil.(Intel)

POJOKSATU – Dunia komputasi berkembang pesat. Kali ini, Intel Corporation mengumumkan kemajuan teknologi dan inisiatif yang bertujuan untuk mempercepat komputasi ke dimensi berikutnya. Mereka memperkenalkan modul Intel Curie, produk hardware seukuran tombol untuk wearable. Intel pun telah menyiapkan investasi USD 300 juta untuk mendorong lebih banyak keragaman dalam industri teknologi.

“Munculnya pengalaman komputasi pribadi, perangkat cerdas dan terhubung, serta revolusi wearable mendefinisikan ulang hubungan antara konsumen dan teknologi,” kata Brian Krzanich, CEO Intel dalam siaran persnya.

Krzanich memperkenalkan produk baru itu pada 2015 International Consumer Electronics Show pekan lalu di Las Vegas, Amerika Serikat. Bersaman itu dia mengumumkan kerjasama 3-D dengan HP (Hewlett-Packard), dan True Key, aplikasi cross-platform baru dari Intel Security.

Krzanich mengungkapkan Intel Curie, produk hardware kecil dengan chip yang didesain khusus untuk perangkat wearable. Modul ini dijadwalkan untuk mulai pengiriman pada semester kedua tahun ini, termasuk Intel Quark, radio rendah energi bluetooth, sensor dan pengisian daya baterai.


Intel sendiri telah secara aktif mengejar segmen teknologi wearable. Krzanich menyebut beberapa proyek tahun lalu, perusahaan telah mengumumkan beberapa produk dan inisiatif dengan fesyen, kebugaran dan produk gaya hidup. Kerjasama ini termasuk dengan Basis Peak, Fossil Group, dan Luxottica Group

“Khusus dengan Oakley, kami membuat produk yang cerdas yang dirancang untuk meningkatkan kinerja atlet. Tersedia akhir tahun ini,” tuturnya.

Krzanich menyebut aplikasi dunia nyata akan mengantar komputasi ke dunia 3-D sehingga, bebas kabel dan password. Dia memberi contoh True Key, sebuah aplikasi cross-platform baru dari Intel Security untuk mengatasi kerumitan password. Aplikasi True Key menggunakan wajah atau sidik jari untuk masuk aplikasi. EFeknya, pengguna lebih mudah dan aman.

True Key bisa diaplikasi pada perangkat iOS (produk Apple), android, windows, Mac, dan browser favorit. Produk ini juga akan terinstal pada perangkat dari HP dan Lenovo serta. sebagian dari McAfee LiveSafe dalam beberapa bulan mendatang. (dio)